Kamis, 06 Desember 2012

Perawatan untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

0 komentar

Artikel Kesehatan - Mengajarkan menyikat gigi pada anak merupakan hal yang sulit dilakukan orang tua. pada saat anak belajar menyikat giginya sendiri, mereka mulai merasa tidak sabar dan malas sehingga selalu lupa untuk dikerjakan. Pengawasan orangtua perlu dilakukan untuk memastikan mereka menyikat giginya dengan bersih agar kesehatan mulut dan gigi baik.

Gigi berlubang biasa terjadi pada anak usia prasekolah. Kurangnya kesadaran akan kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi merupakan faktor utama terjadinya hal tersebut. Sekali lagi orangtua perlu melakukan suatu peraturan ketat tentang kebiasaan menyikat gigi. Gigi sehat dan kuat merupakan modal baik mereka dimasa depan.

Berikut ini tips kesehatan perawatan gigi untuk anak.

1. Sikat gigi yang tepat
Gunakan sikat gigi anak yang memiliki bulu sikat yang lembut. Hal ini untuk melindungi gusi dan berfokus pada daerah-daerah kecil sehingga mereka dapat membersihkan dengan benar. Selain itu karakter kartun yang lucu pada sikat gigi dapat membuat anak menyukai menyikat gigi.

2. Cara menyikat
pastikan anda mengajari anak anda cara menyikat yang benar. Gerakan perlahan dan memutar pada seluruh bagian permukaan gigi. Jangan terlalu keras dalam menyikat, karena dapat melukai gusi anak yang masih lemah.

3. pasta gigi
Gunakan pasta gigi khusus anak yang memiliki rasa yang mereka sukai. Biarkan mereka memilih sendiri rasa yang menjadi favorit mereka seperti coklat, es krim, strawberry, dan buah lainnya yang disukai. Rasa pasta gigi yang yang enak baik dalam memotivasi anak untuk terus menyikat giginya.

4. Kunjungi Dokter gigi
Kunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk memastikan gigi anak tetap sehat dan kuat. Hal ini sangat penting untuk tetap memastikan kesehatan mulu dan gig anak bila terdapat masalah kesehatan mulut dan gigi.

Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Membiasakan menyikat gigi dua kali sehari dan selalu menjaga kebersihan mulut merupakan hal yang bermanfaat bagi mereka. sau lagi tips untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat yaitu mengurangi makanan yang terlalu banyak gula dan manis yang dapat merusak gigi anak-anak. -db-
source : - tips dan artikel -

0 komentar:

Poskan Komentar