Rabu, 31 Oktober 2012

Kacang Hitam Ternyata Banyak Memiliki Khasiat.

0 komentar
Jika kacang hijau sangat penting serta memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, maka kacang hitam pun tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya kacang hitam mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainya.

Kacang hitam dapat mencegah kanker serta penuaan dini. Kacang hitam juga bisa dijadikan asupan nutrisi baru karena sejumlah nutrisi penting ada di dalam kandungan kacang hitam, diantaranya superfoot, protein, serat, zat seng dan juga tembaga.

Disamping itu, kacang hitam juga memiliki kandungan oksidan yang cukup tinggi. Dari hasil sebuah penelitian yang di lakukan terhadap 12 jenis kacang pada tahun 2003, terbukti kacang hitam memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan 11 kacang lainnya. Selain itu, dari hasil penelitian yang sama, ditemukan bahwa semakin gelap warna kacang maka akan semakin tinggi kandungan flavonoid-nya.

Kacang hitam juga mengandung anthocyanins, yang membuat kacang berwarna lebih gelap dan yang mempengaruhi tingginya kandungan antioksidan pada kacang. Tingginya kandungan antioksidan pada kacang hitam mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kacang hitam jika diolah dengan baik maka bisa menjadi camilan yang menyehatkan. Kacang hitam juga mengandung glikemik indeks (GI) yang cukup rendah yang mampu membantu kadar gula dalam darah tetap stabil. Makanan yang mengandung GI mampu melawan resitensi insulin yang berhubungan dengan diabetes, serta mampu menurunkan resiko stroke dan jantung.

Flavonoid yang ada pada kacang hitam juga sangat bagus untuk kecantikan kulit karena nutrisi yang ada pada kacang hitam bisa mengatasi kerutan halus pada wajah, dan dapat mengatasi penuaan dini yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Sumber : http://www.aktual.co/urbanitas/162521kacang-hitam-yang-multi-khasiat

0 komentar:

Poskan Komentar