Minggu, 23 Desember 2012

Manfaat Rumput Laut Untuk Tubuh

0 komentar
Manfaat rumput laut untuk tubuh atau kesehatan kita, memang tidak perlu diragukan lagi. Manfaat rumput laut untuk tubuh sangatlah benar adanya. Bagi anda yang suka atau hobi mengkonsumsi rumput laut ternyata memiliki khasiat sejuta manfaat bagi tubuh. Nahhh seperti yang kita bahas sekarang tentang manfaat rumput laut untuk tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Sheffield Hallam University ini menggunakan rumput laut secara utuh, bukan menggunakan ekstrak rumput laut. Rumput laut berfungsi sebagai pengganti garam karena memiliki rasa yang asin. Roti yang disajikan juga sama sekali tidak mengandung garam sebab fungsinya sudah diganti oleh rumput laut.

“Ini seperti makan roti biasa. Namun rasa asinnya berasal dari mineral rumput laut yang sangat kaya. Rumput laut mengandung mineral yang jauh lebih banyak dari tanaman di daratan,” kata Dr Craig Rose dari The Seaweed Foundation seperti dilansir The Telegraph, Jumat (23/3/2012).

Penelitian ini dilakukan terhadap 79 orang pria sehat yang mengalami kegemukan. Peserta yang memakan roti isi rumput laut merasa cepat kenyang sehingga asupan kalorinya berkurang sebanyak 179 kalori sehari. Jumlah itu sama dengan jumlah kalori yang dibakar dengan berjalan di atas treadmill selama 1,5 jam. Pengurangan 100 kalori saja sudah cukup signifikan dalam program penurunan berat badan.

Rumput laut dalam penelitian ini dipanen, dikeringkan dan digiling di pabrik lokal di Hebrides di luar Skotlandia. Tak satu pun peserta penelitian yang bisa membedakan roti biasa dengan roti yang ditambahi irisan rumput laut. Rasanya sama tetapi kadar natrium pada rumput laut jauh lebih rendah.

Selain mengurangi asupan garam, rumput laut juga membuat perut terasa penuh sehingga tidak mudah lapar. Ketika 12 orang peserta kemudian diminta memakan 400 gram mangkok berisi pasta dan saus tomat untuk makan siang, beberapa orang sudah merasa kenyang setelah memakan 2 mangkok.

“Saya sudah mencoba roti rumput laut dan benar-benar menyukainya. Kami menggunakan rumput laut utuh karena kaya akan serat dan mineral. Apa yang telah kami teliti merupakan temuan yang sangat baik untuk menambah penelitian mengenai rumput laut dan kesehatan,” kata peneliti, Anna Hall, dosen nutrisi di Sheffield Hallam University.

Penelitian sebelumnya telah berusaha menggunakan rumput laut sebagai pengganti garam yang ditambahkan ke dalam pasta. Selain digunakan untuk roti, penggunaan rumput laut ini mungkin juga bisa dikombinasikan dengan daging seperti sosis.

Hasil beberapa penelitian para ahli mengenai khasiat dan manfaat rumput laut untuk tubuh, berikut adalah beberapa manfaat rumput untuk kesehatan :

1. Anti kanker.
Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

2. Antioksidan.
Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

3. Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

4. Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.

5. Secara tradisional, rumput laut dipercaya dapat mengobati batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, influenza, dan artritis.

Demikian informasi yang kami berikan untuk anda, mengenai manfaat rumput laut untuk tubuh, Mulailah hidup sehat bersama tanaman tanaman herbal Indonesia yang memiliki sejuta bahkan beribu ribu juta manfaat untuk kesehatan tubuh anda. seperti manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh anda.

PERLU ANDA KETAHUI!!

Jelly gamat juga merupakan obat herbal alami yang menjadi primadona untuk perantara pengobatan berbagai macam penyakit, dan jelly gamat juga 100% diambil dari bahan dasar hewan laut ekstrak gamat atau teripang, yang berkhasiat untuk, menjaga atau menumpas berbagai jenis penyakit dalam tubuh anda. Untuk informasi lebih lengkap mengenai khasiat dan manfaat jelly gamat silahkan klik Kandungan dan Manfaat Jelly Gamat

Sumber : http://www.jelly-gamat.com/artikel-kesehatan/manfaat-rumput-laut-untuk-tubuh

0 komentar:

Poskan Komentar