Minggu, 23 Desember 2012

Herbal Daun Banaba / Bungur (Lagerstroemia speciosa)

0 komentar
Banaba / Bungur (Lagerstroemia speciosa)
Daun Banaba / Bungur (Lagerstroemia speciosa)Daun Bungur adalah jenis pohon Crepe Myrtle yang menghasilkan bunga berwarna merah muda atau putih. Tanaman tumbuh di daerah Filipina, Thailand, Indonesia dan Jepang. Kayu kadang-kadang digunakan untuk mebel. Ekstrak dari daun juga digunakan sebagai pengobatan untuk diabetes, hipoglikemia dan tekanan darah tinggi.

Banaba ekstrak daun digunakan sebagai obat herbal untuk diabetes di beberapa bagian dunia. Hal ini terutama populer di Filipina. Banaba ekstrak kaya asam corosolic yang merupakan insulin tanaman yang telah terbukti memiliki efek terapi anti-diabetes. Pengujian pada hewan juga menunjukkan bahwa ekstrak Banaba dapat meningkatkan insulin, mengurangi glukosa darah, dan meningkatkan hipoglikemia. Hal ini dapat diperoleh dalam bentuk jus, teh atau tablet.

Fungsi asam corosolic merupakan senyawa insulin - Yang memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat insulin dan glukosa, penurunan tingkat gula darah, penurunan nafsu makan dan cravings karbohidrat. Daun Banaba juga kaya antioksidan yang memiliki efek pembersihan pada tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan Daun:

  • plantisul- Zat seperti insulin Semacam insulin nabati
  • saponin (daun dan kulit batang), Metabolit sekunder yang banyak terdapat di alam.
  • flavonoida, Suatu kelompok senyawa fenol yang terbesar yang ditemukan di alam. Senyawa-senyawa ini merupakan zat warna merah, ungu, dan biru. Dan sebagai zat warna kuning yang ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan.
  • polifenol, Kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan. Kegunaan utamanya adalah sebagai antioksidan alami.
Khasiat:
  1. Daun berkhasiat mengatasi bisul
  2. Mengatasi kencing manis
  3. Antidiare
  4. Diuretik
  5. Antidiabetik

0 komentar:

Poskan Komentar