Sabtu, 22 Desember 2012

Herbal Bakung (Crinum asiaticum L)

0 komentar
Bakung (Crinum asiaticum L)Bakung (Crinum asiaticum L)
Bunga bakung sering kali menjadi tanaman penghias halaman,ada beberapa warna dari bunga bakung, mulai dari kuning, merah dan putih, namun yang di indonesia lebih banyak di jumpai yang warna putih. Menurut kepercayaan cina, mesir dan arab bunga bakung dapat melindungi dari penyakit atau wabah yang menular jika di tanam di pekarangan rumah, cuma ga tau bener apa ga. Tapi yang pasti tanaman ini bisa memperindah tampilan pekarangan rumah, biar tampak menarik.

Selain sebagai penghias, dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bunga bakung mempunyai manfaat sebagai analgesic, antibengkak dan ekspetoran bagi tubuh. Oleh karena itu, dalam pengobatan tradisional bunga bakung juga di gunakan sebagai bahan untuk membantu mengobati beberapa permasalahan. Apa saja ?

Berikut Beberapa Manfaat Bakung:

1. Bengkak di Tangan dan Kaki
Caranya : Olesi daun bakung dengan minyak kelapa lalu layukan di atas api, tempelkan daun bakung yang telah layu kebagian yang bengkak.

2. Mengobati Sakit Pinggang
Caranya : Haluskan 10 g daun bunga bakung dan 10 g jahe merah, kemudian balurkan ke bagian pinggang yang sakit.

3. Pembengkakan kelenjar limpa pada Selangkangan dan Ketiak
Caranya : Cuci bersih beberapa helai daun bakung, tumbuk bersama 2 siung bawang merah, dan gula merah secukupnya sampai halus. Tempelkan hasil tumbukan kebagian yang sakit.

4. Mengobati Luka Memar
Caranya : Ambil daun bunga bakung lalu olesi dengan minyak kelapa, kemudian layukan di atas api selanjutnya di tempelkan ke bagian yang sakit.

5. Mengobati sakit gigi
Caranya : Tumbuk halus akar bunga bakung yang sudah di cuci bersih secukupnya, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Mengobati Keseleo
Caranya : Layukan daun bunga bakung di atas api kemudian tempelkan pada bagian yang keseleo.

7. Mengobati Borok ( Ulkustripikum )
Caranya : Tumbuk halus daun bunga bakung segar secukupnya, kemudian peras dan ambil airnya. Airnya di balurkan merata ke bagian borok.

8. Melancarkan Buang Air Kecil
Caranya : Daun bunga bakung di olesi dengan minyak kelapa, kemudian di tempelkan pada daerah kandung kencing.

0 komentar:

Poskan Komentar