Minggu, 23 Desember 2012

Tanaman Obat Anyang-Anyang

0 komentar
Anyang Anyang
(Elaeocarpus grandiflorus J.Sm,)
Sinonim :
Rejasa.
Familia :
Elaeocarpaceae.
Uraian :
Pohon dengan bentuk etage; tinggi 6-26 m. Daun bertangkai, berjejal pada ujung ranting, bentuk lanset, beralih demi sedikit pada tangkai, 5-20 kali 1-5 cm, gundul, seperti kulit, bergerigi beringgit tidak dalam; yang tua merah api. Tandan bunga menggantung, berbunga 4-6, panjang 2-10 cm. Tangkai bunga 3-4,5 cm. 

Daun kelopak merah cerah, berambut. Daun mahkota putih, pada pangkalnya dengan sisik, ke arah ujung melebar sekali dan terbagi dalam taju, panjang; 2-2,5 cm. Dasar bunga kuning, kemudian oranye. Tonjolan dasar bunga berambut halus (seperti bulu anak ayam) rapat. Benang sari seluruhnya berambut. Bakal buah bentuk telur, berambut; kepala putik tidak melebar. 

Buah bentuk spul, hijau pucat, panjang lk 3 cm. Di hutan di pinggir air, di bawah 500 m; sebagai pohon hias di kebun dan park. Anyang, S, Rejasa, J. Elaeocarpus grandiflorus J.E.Sm. Cat. : Jika buah diinjak, maka duri tempel pada inti buah menembus dinding buah yang lunak dan menyebarlah biji tersebut sebagaiapa yang dinamakan „kotak duri" (hoefklitten). Bagian yang digunakan Buah, kulit kayu, dan daun.

Nama Lokal :
  • NAMA DAERAH Anyang-anyang, Ki ambit (Sunda); Anyang-anyang, Kemaitan, Maitan, Raja sor, Rejasa (Jawa). 
  • NAMA ASING: ----- 
  •  NAMA SIMPLISIA Elaeocarpi Fructus; Buah Anyang-anyang.



Penyakit Yang Dapat Diobati :
--
Pemanfaatan :
Komposisi :
  • Elaeokarpid (zat pahit beracun) dan saponin. 
  • Khasiat Diuretik.
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/ 

0 komentar:

Poskan Komentar