Sabtu, 22 Desember 2012

Rawat Kulit dengan Mengonsumsi Paprika

0 komentar
Berbagai jenis sayur dan buah berguna untuk membantu kesehatan dan kelembapan kulit. Jika tidak ada ketimun, bengkuang, tomat, atau kentang, pilihan lain ada pada paprika.

Paprika dengan nama ilmiah Capsicum annuum merupakan jenis sayuran mirip dengan cabai. Rasanya tidak begitu pedas namun aromanya kuat dan segar. Tanaman dari Amerika Selatan ini mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

“Kami tahu, vitamin E dan C baik untuk kulit,” jelas konsultan perawatan kulit di salah satu salon kecantikan Jogja, Miasari, Senin (17/12/2012).

Manfaat paprika dalam membantu menjaga kesehatan kulit digunakan dengan cara konsumsi. “Kalau bahan yang lain kan bisa dipakai langsung di kulit, paprika bantu dari dalam,” katanya. Informasi tersebut, lanjutnya, diketahui dalam katalog mengenai manfaat buah dan sayur bagi perawatan kulit.

Mia menyebutkan, mengkonsumsi paprika secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin dan zat yang ada pada daging paprika. Diketahui, paprika mengandung betakaroten dari vitamin A yang dapat mencegah ruam dan jerawat pada wajah.

“Bahkan bisa mengatasi keriput dan kulit kering. Karena mahal maka pemanfaatannya belum familiar,” katanya. Sementara, pengamat gizi, Badriyah mengatakan, selain kandungan vitamin yang bervariasi, paprika mengandung zat besi, karbohidrat, fosfor, beta karoten, asam folat, kalsium serta beta-cryptoxanthin.

“Manfaatnya ada yang mirip cabai, untuk mengurangi rasa sakit dan meringankan nyeri sendi,” ujarnya di Tegalrejo, Jogja, Senin.

Kandungan vitamin yang bervariasi tersebut, katanya, juga memberi manfaat untuk menambah dan memulihkan energi. Konsumsi paprika untuk memulihkan energi bisa dilakukan dengan membuat jus. Untuk menyamarkan aromanya yang kuat, bisa dicampur perasan jeruk manis dan madu.

Kesehatan kulit dipengaruhi asupan vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang seimbang. Vitamin tersebut sekaligus juga bermanfaat untuk kesehatan mata, terutama dalam pencegahan katarak. Pada paprika merah dan paprika oranye bahkan diketahui mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kesehatan mata pada usia lanjut.

Manfaat Paprika untuk Kesehatan

1. Mencegah Rasa Sakit
- Paprika mengandung unsur capsaicins.
- Capsaicins dapat menghalangi aliran rasa sakit dari kulit ke sumsum tulang belakang.
- Konsumsi paprika membantu dalam pengobatan rasa nyeri seperti memar, keseleo atau terkilir.

2. Mencegah Radang Sendi
- Konsumsi vitamin C akan mencegah radang sendi, paprika kaya akan vitamin C.
- Konsumsi dengan teratur disertai asupan gizi lainnya

3. Mengatasi Kebotakan
- Paprika memiliki kandungan silika, senyawa yang membantu penyerapan vitamin dan mineral.
- Silika yang terdapat dalam paprika ini akan membantu mencegah kerusakan rambut serta menjaga rambut agar tetap tebal.
- Ekstrak paprika diketahui sebagai salah satu obat penyubur rambut sekaligus membantu menumbuhkan jaringan rambut yang baru.

4. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung
- Paprika mengandung vitamin B6 serta asam folat.
- Kedua unsur dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah bila dikombinasikan bersama vitamin C dan betakaroten.
- Kadar homosistein yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah serta meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung
- Kandungan seratnya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah penyebab penyakit jantung.
- Kombinasi vitamin A, vitamin C dan vitamin E dengan kapsaisin dapat mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Sumber : http://www.solopos.com/2012/12/18/rawat-kulit-dengan-mengonsumsi-paprika-359136

0 komentar:

Poskan Komentar