Senin, 16 Januari 2012

Beluntas (Pluchea indica L.)

0 komentar
Tanaman beluntas termasuk famili Compositae, yang bersinonim dengan tanaman Baccharis indica L. Di daerah, tanaman ini sering dinamakan Beluntas (Melayu), Luntas (Jawa), Baruntas (Sunda), Baluntas (Madura), Lamutasa (Makasar) dan Lenaboui (Timor Leste).

Botani
Tanaman beluntas tumbuh tegak, dapat memiliki ketinggian sampai 3 meter bahkan bisa lebih, mempunyai percabangan batang yang banyak dan mempunyai rusuk yang halus dengan bulu lembut di sekitar batang. Daun Beluntas mempunyai tangkai yang pendek, letak daun berselang seling dengan lainnya, bentuk daun bundar telur sungsang, ujung daun berbentuk bundar melancip dan pinggir daun bergerigi dengan warna hijau terang. Bunga tanaman beluntas keluar dari ujung cabang di ketiak daun yang berbentuk bunga bonggol, dengan bergagang (duduk) berwarna ungu. Buah beluntas termasuk langka, agak berbentuk garsing dengan warna bunga coklat seperti suduk buah berwarna putih dan polos.

Kegunaan
a. Gangguan pencernaan pada anak-anak
Ambil daun beluntas dan campurkan pada bubur saring/nasi tim.
b. TBC kelenjar leher
Ekstrak batang dan daun beluntas, ekstra gelatin dari kulit sapi, Laminaria japonica (rumput laut), bahan-bahan ini ditim sampai lumat, hasil dari itu dapat dimakan.
c. Nyeri rheumatik
Ambil 15 gram akan beluntas, kemudian direbus, airnya dapat diminumkan.
d. Menghilangkan bau badan
Dapat dimanfaatkan sebagai lalap.
e. Peluruh keringat, menurunkan panas
Daun beluntas direbus atau diseduh sebagai teh, hasil dari seduhan dapat diminumkan.

Sumber : http://carlasabandar.wordpress.com/2010/05/13/apotik-hidup-indonesia/

0 komentar:

Poskan Komentar