Rabu, 28 November 2012

Khasiat Temu Hitam

0 komentar
Berikut khasiat yang dapat dipetik dari temu hitam dan cara memanfaatkannya.

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Rimpang temu hitam memiliki rasa pahit yang justru mampu merangsang sel-sel pencernaan dan kemudian menambah nafsu makan. Cara membuat ramuannya, siapkan 1-2 jari rimpang temu hitam, cuci hingga bersih, lalu parut. Selanjutnya, tambahkan ½ gelas air hangat dan sedikit garam. Gunakan kain bersih untuk memeras parutan tersebut.bila perlu, tambahkan madu atau gula aren. Minumlah setiap hari selama 5-7 hari. Cara lainnya siapkan 10 gram rimpang temu hitam, 10 gram daun pepaya, dan satu gram buah pala. Semua bahan ditumbuk halus lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah agak dingin, saring dengan kain bersih, lalu tambahkan gula aren bila suka. Minum ramuan ini setiap hari selama 5-7 hari.

2. Jamu Habis Bersalin

Dalam tradisi jawa, ibu-ibu yang habis melahirkan pasti minum ‘Jamu Temu Ireng’ selama masa nifas (sampai 40 hari setelah melahirkan). Hal itu dilakukan untuk membersihkan darah kotor dalam kandungan. Bahan untuk membuat jamu temu ireng adalah 1 rimpang temu ireng, 4 jari rimpang kunyit, 7 biji kemukus, 10 helai daun pegagan, dan sedikit adas. Cara membuatnya, semua bahan dikupas, lalu dicuci, dan ditumbuk sampai halus. Selanjutnya, direbus dengan 1 gelas air hingga tinggal separuhnya. Air rebusan lalu disaring dengan kain bersih dan ditambah dengan sedikit madu atau gula aren. Ramuan ini diminum sehari sekali mulai pada 2 minggu setelah bersalin hingga 40 hari setelah melahirkan.

3. Menghilangkan Kudis

Temu hitam juga mengandung kurkumin yang berkhasiat membunuh kuman. Oleh karena itu, acap kali rimpang temu hitam digunakan untuk mengobati penyakit kudis. Caranya, 1 jari rimpang temu hitam ditumbuk sampai halus, lalu dicampur dengan minyak kelapa. Campuran tersebut lalu di bentuk seperti tapal dan ditempelkan pada kulit yang terserang kudis. Untuk mempercepat penyembuhan kudis, ada baiknya meminum air rebusan temu hitam. Caranya, 1 jari rimpang temu hitam dikupas, dicuci dan direbus dengan segelas air hingga mendidih. Setelah agak dingin, disaring, dan diminum setiap hari.

Sumber : http://www.tokomarwa.blogspot.com/2008/08/khasiat-temu-hitam.html

0 komentar:

Poskan Komentar