Kamis, 08 November 2012

Makan Kacang-kacangan Turunkan Risiko Kanker Hati

0 komentar
Mengkonsumsi makanan kaya vitamin E bisa menurunkan risiko terjadinya kanker hati, demikian hasil penelitian terbaru. Para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin E atau mengemil makanan seperti almond, kacang tanah, kacang pinus, dan aprikot yang dikeringkan bisa menurunkan risiko penyakit ini pada orang usia pertengahan atau usia lanjut. Makanan tersebut juga diketahui bisa melawan penyakit jantung dan kerusakan mata di usia lanjut.

Dr Wei Zhang dari Shanghai Cancer Institute menganalisis data dari 132.837 orang–temasuk 267 orang penderita kanker hati–di Cina yang menjadi tempat terjadinya 54 persen kasus kanker liver di dunia. Setelah mendapatkan informasi tentang pola makan partisipan, data tersebut dibandingkan dengan partisipan yang terkena kanker hati yang mengkonsumsi vitamin E kadar tinggi dan yang tidak mengkonsumsinya.

“Kami menemukan kejelasan, hubungan terbalik dosis-respons antara asupan vitamin E dan risiko kanker hati,” kata Dr. Zhang seperti dikutip Daily Mail. Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal National Cancer Institute.

"Pesan yang disampaikan adalah bahwa asupan tinggi vitamin E baik dari makanan atau suplemen tersebut terkait dengan rendahnya risiko kanker hati pada orang paruh baya atau lebih tua,” ujarnya.

Kanker hati adalah penyebab kematian ketiga dari kasus kanker di seluruh dunia dan kelima yang paling umum ditemukan pada pria dan ketujuh pada wanita. Hampir 85 persen dari kasus kanker hati terjadi di negara-negara berkembang.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/07/24/060418922/Makan-Kacang-kacangan-Turunkan-Risiko-Kanker-Hati

0 komentar:

Poskan Komentar