Sabtu, 14 Mei 2011

Manfaat Bunga Anyelir

0 komentar
Bunga Anyelir (Dianthus superbus L.) dikenal sebagai tanaman hias. Selain itu juga untuk dirangkai sebagai karangan bunga. Fungsi lain, anyelir berguna bagi kesehatan. Bunga Anyelir Serta Khasiatnya sudah menjadi rahasia umum. Pengobatan tradisional Tiongkok memanfaatkan bunga ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, wasir dan kencing batu.

Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray', banyak bunga bagi setiap tangkai.
Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

Kandungan:
- Saponin

Khasiat Bunga Anyelir :
Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, anyelir digunakan sebagai obat untuk penyakit:
- infeksi salurah kemih
- kencing batu
- sembelit

Sedangkan untuk obat luar, anyelir digunakan untuk mengobati radang kulit dan pembengkakan. jadi Bunga Anyelir banyak juga manfaatnya, terutama untuk masalah pencernaan dan buang air. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan baru.

0 komentar:

Poskan Komentar