Selasa, 23 Agustus 2011

Pacar Air (si Cantik nan berkhasiat)

0 komentar
Siapa yang menyangka jika tanaman yang sangat mudah didapatkan ini ternyata mempunyai khasiat yang cukup besar. Biasanya kaum wanita hanya memanfaatkannya sebagai pewarna kuku atau kutek. Hal ini mereka lakukan dengan cara menumbuk bunganya, lalu menempelkannya di atas kuku. zat warna bunga pacar air yang bisa merasuk ke dalam kuku inilah yang membuat kuku kita bisa berwarna.



Tapi ternyata,bunga pacar air tak hanya bermanfaat sebagai pewarna kuku saja, bunga ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Berikut beberapa khasiat lain dari bunga pacar air.



1. Untuk pengobatan luar

* Rematik, radang kulit (dermatitis), dan bengkak. Bunga pacar air segar yang telah dihaluskan ditempelkan pada bagian yang sakit.

* Tulang patah atau retak dan antiradang (antiinflamasi). Daun pacar air segar dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

* Bisul (furunculus) dan radang kulit (dermatitis). 15 gram daun pacar air segar, 5 lembar daun cocor bebek segar, dihaluskan lalu ditempelkan pada bisul.

* Radang kuku. Seluruh herba pacar air secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada kuku dan dibungkus dengan kain kasa. Lakukan 7-14 hari secara rutin.



2. Untuk Pengobatan Dalam

* Peluruh haid/melancarkan haid (emenagog), caranya 4-5 bonggol akar pacar air, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu diminum airnya setelah disaring. Lakukan 3-4 kali sehari. Atau bisa juga dengan 6 gram biji pacar air dan 15 gr temu hitam, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat. Atau juga 3-10 gram biji pacar air, 30 gr daun dewa segar, 10 gr temulawak, direbus dengan air secukupnya. Setelah disaring lalu airnya diminum.

* Nyeri haid (dysmenorrhea) : 10 gr daun pacar air, 15 gr umbi rumput teki, 15 gr temu hitam, direbus dengan air secukupnya lalu disaring dan diminum airnya.

* Keputihan (leucorrhea), cara mengkonsumsinya: 30 gr daun segar tanaman pacar air, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya. Atau bisa juga dengan 30 gr daun pacar air segar, 15 gr daun sambiloto kering, direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan diminum airnya.

* Bisul (furunculus), radang kulit (dermatitis). 3-6 gr bunga pacar air, 5 lembar daun cocor bebek, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

* Radang usus buntu kronis. 30 gr heba pacar air, 30 gr sambiloto, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

* Tekanan darah tinggi (hipertensi). 10 gr bunga pacar 100 gr seledri kecil, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu diminum airnya.

* Sakit pinggang (lumbago), kaku leher, kaku pinggang, rematik. 15 gr akar pacar air, 30 gr akar sawi langit, 15 gr jahe merah, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, lalu diminum airnya. Lakukan 2-3 kali sehari secara teratur.



Tapi perlu diingat, semua harus sesuai dengan aturan dan cara pakai yang benar ya, karena kalau dosisnya kelebihan bisa-bisa malah kita akan keracun. Selamat Mencoba!!!



Sumber : http://khasiattanamandanbuah.blogspot.com/2011/02/pacar-air-si-cantik-nan-berkhasiat.html

0 komentar:

Poskan Komentar