Selasa, 05 Juni 2012

Khasiat Temu Giring

0 komentar
Temu giring yang kadang-kadang dianggap sepele ini, sesungguhnya menyimpan banyak kegunaan dan khasiat. Sangat ideal jika temu giring dijadikan pelengkap dalam taman apotek hidup kita.

Berikut manfaat dan khasiat yang bisa dipetik dari temu giring.

1. Cacingan pada Anak
Sediakan 20 gram rimpang temu giring untuk usia 3-8 th atau 40 gram untuk usia 9-12 th. Rebus rimpang tersebut dalam segelas air, tambah dengan sedikit garam. Setelah air mendidih dan tersisa setengahnya, angkat, saring, lalu minumkan pada anak 2 jam sebelum sarapan pagi. Lakukan hal ini selama 5-7 hari.

2. Disentri
Ambil satu jari rimpang temu giring, tambahkan 5 gram daun (muda) delima putih, 3 biji adas manis, 1 jari pulosari, dan 1 siung bawang merah. Tumbuk semua bahan hingga halus, tambahkan secangkir air panas, peras, dan saring. Minum air perasannya, dan lanjutkan dengan berkumur air teh hangat.

3. Luka
Jika kulit anda terkelupas dan luka, secepatnya ambil 1 jari rimpang temu giring lalu parut. Campur parutan rimpang tersebut dengan sedikit santan dan tawas. Selanjutnya, bentuklah menjadi seperti tapal, lalu lekatkan pada kulit yang luka.

4. Bau Badan
Ambil ½ jari rimpang temu giring, cuci bersih, kemudian seduh dengan 100 ml air panas. Diamkan 5 menit, lalu saring. Minum airnya sehari sekali dan lakukan secara rutin selama seminggu.

5. Campak
Sediakan 2 gram temu giring, 3 gram herba benalu kelor, 4 gram daun cangkring, dan air secukupnya. Cuci semua bahan tersebut, lalu masukan ke dalam 110 ml air. Didihkan selama 15 menit, lalu saring dan peras sampai mendapat 100 ml. minum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100ml.

Sumber : http://www.tokomarwa.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar