Kamis, 31 Mei 2012

Obat Cacing Tradisional dari Temu Giring

0 komentar
Walaupun terlihat remeh namun cacingan juga sangat berbahaya. Karena nutrisi dalam tubuh diserap oleh cacing maka daya tahan tubuh kita akan menurun dan akhirnya kita mudah sekali terserang penyakit. Anak-anak kita rentan terhadap cacingan. Sebelum memberi obat cacing yang ada di apotek akan lebih baik untuk mencoba resep tradisional yang lebih mudah dan relatif aman karena terbuat dari bahan yang alami. Salah satu tanaman yang dipercaya dapat menyembuhkan cacingan adalah temugiring atau biasa dikenal dengan nama temu ireng (hitam). Bagian yang sering digunakan untuk obat adalah bagian rimpang. Tumbuhan ini sendiri tumbuh dengan liar didaerah ladang atau pekarangan yang lembab dan sedikit cahaya. Nah, cara meracik temugiring untuk mengobati cacingan juga sangat mudah.

Kita hanya perlu menyiapkan rimpang temugiring yang sudah dicuci bersih. Parut rimpang tersebut kemudian seduh dengan air mendidih hingga ¼ cangkir. Minum air temugiring 1 kali sehari secara teratur untuk mengatasi cacingan. Hal ini disebabkan oleh kadungan minyak atsiri yang ada dalam temugiring. Minum air tersebut sebelum makan pagi.

Tentunya, cara tradisional ini lebih murah dan mudah untuk dilakukan apalagi jika kita sudah memiliki tanaman temugiring ini di pekarangan. Jika kita belum mempunyai tanaman ini, kita hanya perlu mengembangbiakkan saja seperti biasa karena temugiring tidak membutuhkan perawatan khusus. Kita bisa menamamnya di kebun atau pekarangan rumah sehingga bisa langsung mengambil jika membutuhkannya. Walaupun rasanya agak pahit namun khasiatnya tidak diragukan lagi. Untuk mengurangi rasa pahit kita bisa mencampurnya dengan gula jawa atau madu yang juga berkhasiat. Dengan begitu anak kita bisa mengkonsumsi temugiring karena kadar kepahitannya berkurang. Selain untuk mengatasi cacingan, kita juga bisa mengkonsumi air rebusan temugiring untuk mengatasi bau badan dan kegemukan. Selamat mencoba dan semoga dalam waktu singkat gejala cacingan seperti diare dan mulas-mulas akan berkurang dan akhirnya sembuh total. Sembari meminum air temugiring kita juga perlu menjaga kebersihan seperti cuci tangan sebelum makan dan selesai buang air agar terhindar dari cacing yang bisa masuk dalam tubuh.

Sumber : http://www.sehate.com/

0 komentar:

Poskan Komentar