Sabtu, 19 Mei 2012

Jajanan yang Mengandung Anti-kanker

0 komentar
Semua pasti tahu minuman cincau kan? Jajanan yang berwarna hijau seperti jeli/agar diberi sirup, santan, dan es. Sayangnya saat ini bunda susah sekali menemukan jajanan yang satu ini. Entah karena memang di daerah ini tak ada cincau, atau bunda yang tidak pernah beruntung.

Sempat mencari si penjaja cincau di sekolah-sekolah dekat rumah, lapangan, masjid, musola, tapi tidak ada. Bahkan di pasar pun bunda tak menemukan si cincau hijau. Kalaupun ada pasti cincau hitam. Tidak ada cincau hijau (Cyclea barbata). Padahal dulu jaman masih sekolah gampang banget ketemu tukang cincau.

Apakah penjaja cincau memang sudah langka? Padahal si cincau hijau ini berkhasiat lho. Cincau hijau jika dikonsumsi hanya dengan larutan gula merah, berkhasiat melancarkan pencernaan, dapat mengurangi perih akibat maag, serta mengandung klorofil yang baik bagi stamina kita.

Klorofil diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sebab struktur kimianya mirip dengan struktur kimia hemoglobin. Yakni molekul organik yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Bunda baca di link ini, khasiat si klorofil ternyata banyak banget. Diantaranya; berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, membantu menetralkan polusi atau racun yang kita hirup maupun yang kita dapatkan melalui asupan makanan, dan secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua sel di jaringan-jaringan tubuh.

Tidak hanya si klorofil, zat-zat lain yang terkandung dalam segelas cincau hijau juga berkhasiat. Menurut abstrak di lipi, cincau mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, klorofil, dan karotenoid. Di situ juga disebutkan cincau mengandung senyawa antikanker. Dan cincau juga dapat mengendalikan hipertensi. Di sini bunda bacanya.

Jadi pengen deh punya tanaman cincau sendiri. Supaya bisa membuat sendiri cincau hijau. Kalau membuat sendiri, jadi lebih yakin dengan kebersihannya. Kalau di rumah eyang, tanaman cincau bisa ditemukan di kebun tetangga. Jadi bisa buat sendiri cincau hijau.

Kapan-kapan hunting bibit cincau hijau ah…

Sumber : http://martadewa.wordpress.com/

0 komentar:

Poskan Komentar