Kamis, 17 Mei 2012

Temu Kunci Sembuhkan Sariawan

0 komentar
Tanaman rempah ini biasa dipakai untuk bumbu sayur bening. Baunya wangi aromatik dan rasanya agak pahit. Tiap daerah di Indonesia maupun di negara Asia lain memiliki sebutan sendiri untuk tanaman rempah yang kaya khasiat ini.

Temu kunci merupakan salah satu tanaman rempah yang dikenal sebagai bumbu masakan Asia Tenggara. Bentuk temu kunci agak berbeda dengan rempah-rempah lainnya karena tumbuhnya vertikal kebawah panjangnya hingga 50cm. Berbentuk bulat telur memanjang, pelepahnya berwarna merah, bunganya wangi, terdapat mahkota bunga yang tersusun membentuk tabung.

Tumbuhan ini tumbuh secara liar di dataran rendah dan tropis seperti hutan jati. Penanaman dilakukan dengan jarak antara tanaman 3000 cm, dapat dipanen satu tahun kemudian setelah penanaman. Tanaman ini tumbuh di negara Yunani, Indonesia, India dan Sri Langka dan juga dibudidayakan di Indocina.

Tanaman ini memiliki nama latin Boesenbergia pandurata (Roxb.) Schlecht, tergolong tanaman rempah-rempah sejenis jahe, kunyit, kencur dan rimpang. Temu kunci dikenal dengan nama yang berbeda di Indonesia. Seperti di tanah Jawa disebut (kunci), Bali (temu konci), Bima (dumu kunci), Madura (temo kunce), Ternate (tampute). Sedangkan di negara lainnya seperti Cina temu dikenal dengan nama (ow sun ziang), Thailand (krachai), dan di Inngris menyebutnya (fingerroot).

Temu kunci mengandung damar, pati dan minyak atsiri sebanyak 1,2 %, daunnya memiliki zat anti racun. Berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, menyembuhkan batuk, penambah nafsu makan, dan memacu keluarnya air susu ibu (ASI).

Selain itu temu kunci juga dapat menyembuhkan sariawan yang biasa menyerang bibir bagian dalam, lidah gusi dan langit-langit dalam rongga mulut. Cuci bersih rimpang temu kunci kemudian kunyah dan telan, atau dapat juga dikunyah bersama pinang yang dengan cepat dapat menyembuhkan sariawan dan batuk kering. Rasanya segar, wangi dengan aksen rasa sedikit pahit.

Rimpang temu kunci sangat mudah didapat, tak hanya dapat dibeli di swalayan temu kunci bisa didapat di pasar tradisional yang menjual aneka bumbu dapur. Harganya sangat murah. Jika ditekan umbinya akan berair, karena itu pilihlah yang umbinya cukup tua dan akar umbinya keras.

Sumber : http://food.detik.com/

0 komentar:

Poskan Komentar