Minggu, 30 September 2012

Khasiat Nona Makan Sirih

0 komentar
Nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae) adalah sejenis tanaman hias merambat anggota suku Lamiaceae (dulu dimasukkan ke dalam Verbenaceae). Asalnya dari Afrika barat tropis namun kini tersebar di seluruh penjuru dunia karena populer sebagai tanaman hias penaung. Tumbuhan ini adalah liana lemah yang dapat mencapai panjang 4 meter, dengan daun oval sampai memanjang 8-17 cm. Bunganya tersusun sebagai cymosa, dengan 8-20 kuntum; kelopak bunga berwarna putih atau ungu pucat, mahkota bunga berwarna merah, panjang 2 cm.

Nama ilmiah Nona Makan Sirih :
Clerodendrom thomsonae

Nama daerah Nona Makan Sirih :
Nama-nama daerah bagi Nona Makan Sirih tersebut antara lain Nona makan sirih (Sunda).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Nona Makan Sirih
Bahan kimia yang terkandung dalam mona makan sirih masih belum banyak diketahui. Sementara efek farmakologis nona makan sirih diantaranya menghilangkan panas dan racun (toksin).

Khasiat dan Manfaat Nona Makan Sirih
1. Radang kronis selaput gendang telinga (pada anak-anak)
Cuci bersih 10-15 g daun nona makan sirih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari masing-masig ½ gelas.

2. Kencing batu dan pelancar air seni
Cuci bersih 15 g daunn nona makan sirih segar, lalu rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi dua untuk dimInum 2 kali pada waktu pagi dan sore hari

Manfaat dan Khasiat Nona Makan Sirih. Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : http://www.togasehat.com/2012/02/khasiat-nona-makan-sirih.html

0 komentar:

Poskan Komentar