Selasa, 18 September 2012

Manfaat Daun Sukun Untuk Penyakit Kronis

0 komentar
Manfaat daun sukun untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis belum begitu banyak orang mengenalinya. Kebanyakan orang hanya mengenal dan menyukai buahnya saja. Buah sukun bentuknya bulat berukuran besar dan dagingnya empuk. Orang Eropa menyebut sukun sebagai Bread Fruit yang artinya roti buah. Sukun merupakan tanaman tropis, diperkirakan berasal dari Indonesia. Sukun mulai menyebar di dunia karena pengaruh perdagangan rempah-rempah di zaman koloni Eropa.

Daun sukun yang mempunyai ukuran besar-besar dan berwarna kusam ini belum banyak orang mengetahui manfaatnya untuk kesehatan. Orang memanfaatkan daun sukun hanya sebatas sebagai makanan ternak.

Dengan perkembangan dan kemajuan tehnologi saat ini para pakar meneliti manfaat daun sukun untuk Fitofarmaka sebagai jalan keluar pengobatan herbal dengan biaya yang murah.

Para pakar yang telah melakukan penelitian tentang khasiat daun sakun

1. Pakar dari China dan Lipi (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Menyimpulkan daun sukun dapat mengobati sakit jantung.

2. Tahun 2004 Dr. TJandrawati M Ozef dan teman-temannya dari lipi (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) telah melakukan penelitian tentang khasiat daun sukun. Pada kesempatan seminar, beliau mengatakan kalau daun sukun dapat mencegah penggumpalan trombosit, kekentalan darah, kurangnya aliran darah ke jantung, penebalan dinding pembuluh darah yang disebabkan karena lemak menumpuk pada aorta, penyakit kolesterol.
Dr. TJandrawati M Ozef juga mempunyai pendapat bila mengkonsumsi daun sukun yang berlebihan tidak akan menimbulkan efek samping. Bpk. Sugeng Broto,beliau adalah kepala pusat penelitian kimia di lipi (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memberitahukan kalau extrak dari daun sukun yang telah diteliti tadi sudah dipatenkan. Karena mengingat prospek kedepannya bisa dijadikan sebagai obat herbal yang mempunyai standard.

Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dan disembuhkan oleh daun sukun :
1. Diabetes
2. Ginjal
3. Asam Urat
4. Hepatitis
5. Gatal-Gatal
6. Liver
7. Jantung
8. Pembesaran Limpa
9. Sakit gigi

Untuk diperhatikan, Penderita tidak diperkenankan makan jeroan, daun kangkung, daun singkong, daun bayam, dan daging merah selama masih mengkonsumsi daun sukun untuk pengobatan. Hal tersebut karena dapat menyebabkan keram otot yang dikarenakan darah mengental jika mengkonsumsi makanan tersebut selama proses penyembuhan dengan daun sukun.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuaan anda tentang manfaat daun sukun.

Sumber : http://muhtarhabibi.com/manfaat-daun-sukun.html

0 komentar:

Poskan Komentar