Kamis, 24 November 2011

10 Khasiat Dan Manfaat Sehat Dari Buah Blueberry

0 komentar
Blueberry yang sering menjadi campuran es krim, atau snack ataupun makanan ringan lainnya, ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Blueberry buah yang berasal dari Amerika Utara ini memiliki rasa yang manis dan keasaman ini ternyata banyak disukai. Khasiat dari Blueberry salah satunya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal rdikal bebas yang masuk dalam tubuh. Selain itu Blueberry mampu menghambat sel sel penuaan kulit.

Blueberry adalah buah populer yang biasanya digunakan sebagai desert atau es krim. Buah kecil berwarna biru ini memiliki rasa manis dengan keasaman bervariasi dan ternyata merupakan salah satu buah dengan kandungan gizi yang menyehatkan.

Seperti dilansir melalui International Bussiness Times, Kamis (17/11/2011), ada 10 alasan mengapa buah yang berasal dari Amerika Utara ini baik untuk kesehatan, antara lain :

1. Blueberry kaya akan antioksidan.
Faktanya, kandungan antioksidan di dalam buah ini adalah yang paling tinggi di antara buah-buahan segar lain. Antioksidan yang dikandungnya merupakan zat penguat sistem imun dan dapat mencegah radikal bebas juga infeksi.

2. Mengurangi resiko terkena struk dan penyakit kardiovaskuler.
Buah ini mampu mengurangi kolestrol jahat penyebab penyakit kardiovaskuler dan sejenisnya.

3. Mengurangi resiko kanker.
Ekstrak buah biru ini telah terbukti secara ilmiah memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker leher rahim dan kanker payudara.

4. Menurunkan kadar gula darah.
Penelitian telah menunjukkan bahwa asam chlorogenic di dalamnya berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah juga mengendalikan kadar glukosa.

5. Menjaga kesehatan saluran kencing.
Sebuah senyawa di dalam buah biru ini berperan mengurangi resiko infeksi saluran kencing dengan cara mencegah bakteri menempel pada sel-sel dinding saluran kencing.

6. Membantu menyehatkan mata.
Ekstrak blueberry memiliki kandungan anthocyanocides yang tinggi. Zat ini berperan dalam memperlambat masalah penglihatan.

7. Menjaga kualitas kesehatan otak.
Kandungan vitamin dan mineral yang sangat beragam di dalamnya membuat blueberry membantu pencegahan penyakit syaraf, seperti juga membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

8. Membantu pencernaan.
Serat buah kecil ini membantu mencegah konstipasi, sementara itu beberapa vitamin, mineral dan asamnya membantu melancarkan proses pencernaan.

9. Anti peradangan.
Phytochemicals dalam blueberry membantu mengurangi peradangan jaringan tubuh dengan meningkatkan kemampuan membran sel untuk mengatur mobilitas nutrisi dan zat kimia.

10. Terakhir, buah ini juga rendah kalori.
100 gram blueberry hanya mengandung 57 kalori.Dengan manfaat sebanyak ini terkumpul dalam buah biru berukuran kecil, nampaknya menjaga kesehatan akan jadi lebih mudah.

Sumber : http://www.hilmifirdaus.com/2011/11/10-khasiat-dan-manfaat-sehat-dari-buah.html

0 komentar:

Poskan Komentar