Senin, 21 November 2011

Manfaat Buah Jambu Merah

0 komentar
Saat musim pancaroba, biasanya banyak penyakit yang mewabah, salah satunya adalah demam berdarah. Berbondong-bondong orang berobat ke rumah sakit, dokter, puskesmas atau tempat praktek kesehatan lainnya. Tentu saja kebanyakan obat yang diberikan dari bahan kimia walau ada juga yang asli dari alam.
Salah satu produk alam yang sering diabaikan oleh masyarakat adalah jambu merah. Padahal manfaat buah jambu merah sangat banyak.

Mengenal Jambu Merah
Jambu biji (Psidium guajava) diperkirakan berasal Meksiko, kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Selatan. Buah ini kemudian menyebar di dunia pada daerah tropika.
Di Indonesia jambu biji dikenal juga dengan nama jambu batu atau jambu klutuk (mungkin ada nama lain untuk beberapa daerah). Jenis jambu biji sangat bervariasi banyaknya, salah satu yang terkenal adalah jambu merah.
Manfaat buah jambu merah amat beragam, hal inilah yang menjadikannya demikian populer baik di Indonesia dan dunia. Coba lihat saja, setiap ada penjual jus jambu atau minuman beraroma jambu maka yang dipilih adalah jambu merah.

Manfaat Buah Jambu Merah
Warna merah alami, bau yang sedap serta rasa manis menjadikan jambu merah begitu menggoda apalagi jika dibuat jus. Tidak salah kita jika suka dengan buah yang satu ini karena begitu banyak kandungan gizi untuk pertahanan tubuh manusia.

Beberapa manfaat buah jambu merah adalah:

1. Membantu penyembuhan penyakit Demam Berdarah.
Seperti kita ketahui bahwa DB adalah salah satu penyakit yang demikian mematikan dengan penyebaran yang cepat dan belum ada obat khusus untuknya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sebagian perguruan tinggi dan dibantu pemerintah, jambu biji merah sangat membantu penyembuhan dan meningkatkan trombosit orang yang terkena DB dengan mengkonsumsinya secara teratur dalam bentuk jus.

2. Jambu biji merah kaya akan serat alami.
Hal ini jelas sangat membantu mencegah penyakit kanker saluran pencernaan dan tentu saja mengurangi resiko kelebihan kolesterol.

3. Kandungan antioksidan dan vitamin C serta A dalam buah jambu merah banyak digunakan dalam terapi alami kecantikan dan perawatan tubuh.

Selain untuk merawat rambut dengan shampo jambu merah, buah ini juga bermanfaat dalam perawatan kulit, mencegah jerawat , dan lain-lain.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh.
Hal tersebut karena buah jambu merah mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Baik juga dikonsumsi untuk orang yang terkena sariawan.

Semakin Lenyap
Dulu, kita masing sering menemukan tanaman buah jambu merah di lingkungan sekitar rumah, namun saat ini dengan majunya jaman maka tanaman-tanaman alami yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia sering diabaikan dan kalah dengan pembangunan, termasuk jambu merah tentunya. Memang kita masih dapat membeli di swalayan atau pusat-pusat jus, namun dengan harga yang relatif mahal.

Menilik manfaat buah jambu merah yang demikian besar maka alangkah baiknya jika kita dapat menanamnya di seputar tempat kita tinggal agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
Untuk mendapatkan tanaman jambu merah yang unggul sebaiknya mencari bibit vegetatif atau pencangkokan, jangan menggunakan bijinya. Walaupun dapat menumbuhkan tanaman jambu merah dengan bijinya akan tetapi hasil buah yang didapat dapat berubah dari tanaman aslinya.

Selain manfaat buah jambu merah yag demikian banyak, ada satu hal yang harus diperhatikan tentang buah yang satu ini. Karena banyaknya biji yang dikandung maka saat mengkonsumsi langsung (tanpa dibuat jus) harus hati-hati agar bijinya tidak tertelan. Banyak kasus usus buntu yang disebabkan karena masuknya biji jambu ke dalam bagian tubuh tersebut.

Sumber : http://www.anneahira.com/manfaat-buah-jambu-merah.htm

0 komentar:

Poskan Komentar