Kamis, 10 November 2011

Manfaat bawang merah

0 komentar
Tanaman yang digunakan sebagai penyedap pada makanan ini ternyata memiliki manfaat besar bagi kita. Biasanya digunakan untuk bumbu sayur-sayuran dan sering juga dimasak sebagai bawang goreng yang digunakan untuk pelengkap rasa pada masakan. Tapi taukah anda manfaat dari bawang merah sendiri? Untuk itu mari kita simak manfaat apa saja sih yang ada dalam kandungan bawang ini.

Dari hasil penelitian, ternyata ekstrak umbi Bawang Merah dengan dosis 250 mg/kg bb, menyebabkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 23,46%. Pada pemberian tolbutamid dosis 250 mg/kg bb secara oral, menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 22,21%, dan pemberian air suling dengan takaran 5 ml/kg bb secara oral menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 3,00%. Tri Purwaningsih, 1991. FMIPA Farmasi UI, demikian sumber waspada menyebutkan.

Telah melakukan penelitian efek protektif Bawang Merah pada kerusakan hati akibat karbon tetraklorida. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata Bawang Merah menghambat peningkatan GPT plasma dan kerusakan jaringan hati akibat CCl4.

Manfaatnya seperti untuk mengobati penyakit :
- batuk
- haid tidak teratur
- kencing manis
- obat cacing
- demam pada anak-anak (obat luar)
- perut kembung pada anak-anak (obat luar)
- mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah
- memberikan peluang kesembuhan pada penderita asma
- menurunkan tekanan darah dan kadar lemak di dalam darah
- mencegah naiknya gula darah pada penderita diabetes melitus

Batuk
Siapkan umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 4 gram, herba segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml. Caranya dengan dipipis, dibuat infus atau pil dan dapat dipergunakan sehari sekali dengan diminum. Lama pengobatannya selama 14 hari.

Kencing Manis
Siapkan umbi bawang merah (dirajang) sebanyak 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml. Caranya dibuat infus dan diminum sekali 100 ml. Lama pengobatannya 14 hari.

Demam
Perut Kembung pada Anak-anak Ramuan: Umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya Minyak Kelapa secukupnya Minyak Kayu Putih secukupnya Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.

Sumber : http://tipsku.info/manfaat-bawang-merah/

0 komentar:

Poskan Komentar