Rabu, 15 Agustus 2012

“Akar manis” Tanaman obat terpilih 2012

0 komentar
Akar manis atau Licorice Tanaman akar manis ini merupakan sejenis tanaman polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia.

Nama liquorice berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya "akar manis". Akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm.

Ekstrak akar manis didapat dengan cara merebus akar tanamannya dan menguapkan airnya, dapat dijual dalam bentuk bubuk ataupun sirup (cair). Zat yang terkandung di dalamnya adalah glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan.

Penggunaan dalam kuliner

* Rasa akar manis lebih bervariasi jika dibuat dalam bentuk permen. Produk permen ini sangat terkenal di Inggris yaitu Liquorice allsorts (permen licorice khas Inggris). Konsumen di daratan Eropa lebih menyukai permen akar manis yang sedikit asin. Walau kebanyakan produk itu memiliki rasa akar manis ternyata kandungan terbanyaknya adalah minyak adas manis.

* Di Belanda, permen akar manis disebut "Drop" dan sangat digemari masyarakatnya. Produk permen akar manis Belanda mengandung lebih sedikit kandungan adas manis walau digunakan juga campuran bahan lain seperi menthol dan daun salam (bay leaf) sehingga menciptakan rasa yang agak asin.

* Licorice juga digunakan dalam komposisi minuman ringan umpamanya root beer dan teh-teh herbal yang berasa manis. Rasa licorice yang manis sangat berguna untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap dalam obat-obatan. Orang Belanda seringkali membuat minuman beraroma licorice (dropwater) dengan menaruh beberapa bagian permen licorice yang mengandung laurel (daun salam) dengan potongan akar tanaman licorice di dalam botol berisi air lalu mengocoknya sampai berbuih.

* Di Italia, yang juga tempat tumbuh licorice alami, masyarakatnya mengonsumsi licorice dengan mencabutnya dari tanah dan langsung mengunyahnya sebagai penyegar mulut. Warga Italia menyukai licorice yang tidak diberi pemanis sehingga 100% murni, namun dengan rasa yang pahit.

* Dalam kuliner Cina, licorice digunakan sebagai rempah pada makanan pedas. Sering juga ditambahkan dalam campuran kaldu dan kecap.

Aspek kesehatan

* Kandungan senyawa organik aktif pada akar manis berupa asam glisiretinat merupakan penghambat enzim 11β-hydroxysteroid dehydrogenase (11β-OHSD) type 2 yang berfungsi mengubah hormon kortisol menjadi hormon kortison.

* Konsumsi berlebihan dianggap dapat menimbulkan simtoma diuresis dan lebih lanjut menyebabkan tekanan darah tinggi.

* Hal yang mengejutkan terjadi ditahun 2012, tanaman akar manis dinobatkan sebagai "tanaman obat terpilih ditahun 2012", dikarenakan manfaatnya yang sangat besar dalam pengobatan tradisional sejak jaman kuno.

* Para peneliti di Institut Max Planck untuk Genetika Molekuler di Berlin kini telah menemukan bahwa akar manis juga mengandung zat dengan efek anti-diabetes (amorfrutins) tidak hanya dapat mengurangi gula darah, mereka juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

* Akar manis rootGlycyrrhiza mengandung zat berbeda yang membantu untuk meringankan gangguan pada saluran udara dan sistem pencernaan.

* Telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional dan terutama diberikan dalam bentuk teh.

* Peneliti yang bekerja dengan Sascha Sauer dari Institut Max Planck untuk Genetika Molekuler di Berlin kini telah menemukan bahwa tanaman dari Papilionaceae atau keluarga polongan juga mungkin efektif dalam pengobatan diabetes tipe 2.

* Zat, yang memiliki struktur kimia yang sederhana, tidak hanya ditemukan di akar akar manis, tetapi juga dalam buah theAmorpha fruticosa.

* Pengikatan molekul amorfrutin mengaktifkan berbagai gen yang mengurangi konsentrasi plasma dari asam lemak tertentu dan glukosa. Tingkat glukosa berkurang mencegah perkembangan resistensi insulin - penyebab utama diabetes dewasa.

* Peneliti itu mengembangkan proses ekstraksi khusus untuk mendapatkan amorfrutins dari tanaman pada konsentrasi yang cukup.

* Para amorfrutins dapat digunakan sebagai suplemen nutrisi fungsional atau sebagai obat ringan yang dirancang secara individual kepada pasien.

Demikian sedikit mengenai tanaman herbal ini. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://wacanahidupsehat.blogspot.com/2012/04/akar-manis-tanaman-obat-terpilih-2012.html

0 komentar:

Poskan Komentar