Senin, 27 Agustus 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Beluntas

0 komentar
Beluntas adalah salah satu tumbuhan semak dan bercabang banyak, daun beluntas mempunyai rusuk halus dan mempunyai bulu lembut. Kebanyakan tanaman ini bisa ditemui di perkebunan masyarakat, dikarenakan tanaman jenis ini bisa dipakai menjadi tanaman pagar bahkan tanaman jenis ini banyak tumbuh liar di sekitar perkebunan para petani.

Tinggi tanaman beluntas bisa mencapai 3 Meter. Tanaman beluntas ini bisa hidup di daerah kering atau juga dengan keadaan tanah yang kering keras dan juga berbatu.
Tanaman ini tumbuh di sekitar dataran rendah dan juga tinggi, pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut.

Di daerah saya yaitu daerah sunda, beluntas bisa dibilang dengan sebutan nama Baruntas atau juga di daerah jawa dengan nama Luntas.

Ciri ciri daun Beluntas :
Ciri ciri daun beluntas adalah sebagai berikut, Daun beluntas ini berbatang atau bertangkai pendek, letaknya berselang-seling, berbentuk bulat telur sunsang, dengan ujung bulat melancip. Pinggir daun bergerigi, berwarna hijau terang, bunga keluar di ujung cabang dan ketiak daun, berbentuk bunga bonggol, bergagang atau duduk, dan berwarna ungu. Buahnya longkah agak berbentuk gasing, dengan warna cokelat dan juga bersudut putih.

Manfaat dan khasiat daun Beluntas :
Daun beluntas ini mengandung beberapa zat yaitu, alkaloid, tannin, natrium, dan masih banya zat-zat lainnya, untuk khasiat daun beluntas, berkhasiat agar nafsu makan bertambah, dan juga membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, bisa membantu menghilangkan bau badan bau mulut, menurunkan demam panas, nyeri pada tulang, meredakan sakit pinggang, dan juga keputihan.
Tambahan daun Beluntas juga dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai lalaban.

Tips berkebun Tanaman Beluntas :
Tanaman beluntas ini bisa dikategorikan tanaman liar, jadi untuk perawatannya sendiri sangat mudah dikarenakan tanaman jenis ini bisa hidup di daerah kering dengan tanah yang keras.

Sumber : http://sumbersumbermanfaat.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar