Kamis, 13 Desember 2012

8 Cara Menghilangkan Komedo

0 komentar

Siapa sih yang mau wajahnya berjerawat atau berkomedo? Pastinya tidak ada. Tentu saja karena komedo maupun jerawat dapat merusak penampilan dan hilangnya percaya diri. Para ahli menyebutkan bahwa komedo adalah tahap awal dari kemunculan  jerawat sebelum pori-pori kemasukan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan atau infeksi. Biasanya setelah masa  remaja masalah tersebut mulai ada, pada saat tubuh dan kulit mulai dipengaruhi oleh hormon.

Akibat yang ditimbulkan jika kelebihan hormon ialah terjadi stimulasi oleh kelenjar minyak dan akhirnya
produksi minyak di pori-pori kulit akan berlebih. Minyak yang berlebih lama kelamaan akan menyebabkan pori-pori tertutup dan pada saat terpapar udara akan menghitam. Semua jenis  kulit dapat terkena komedo, tapi jumlah yang paling banyak dialami oleh kulit berminyak.

Sekarang ini banyak produk kecantikan yang beredar untuk mengobati komedo, tapi beberapa orang ada yang mencoba menghindari penggunaannya. Oleh sebab itu, ada baiknya Andamencoba cara alami untuk  menghilangkan komedo. Kutipan dari eHow, menjelaskan 8 tips alami mengobati komedo:

1. Cucilah muka menggunakan air yang sudah dicampur garam. Cara pembuatan, tambahkan campuran delapan ons air hangat dengan 1 sendok makan garam. Fungsi dari garam adalah untuk mengurangi kelebihan minyak serta mengobati komedo.

2. Oleskan sedikit pasta gigi pada area kulit yang berkomedo. Peradangan yang disebabkan oleh komedo dapat dikurangi dengan cara tersebut dan juga mengurangi kelebihan minyak. Catatan, yang Anda gunakan harus pasta gigi bukanlah gel.

3. Oleskan atau usapkan perasan  jeruk maupun lemon pada area kulit yang berkomedo dan biarkanlah selama semalaman. Kandungan asam yang ada pada lemon dan jeruk bermanfaat untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit.

4. Buatlah olahan dari kulit dasar jeruk yang dicampur dengan air sampai berubah menjadi pasta, sebaiknya penambahan air jangan terlalu banyak supaya tidak encer. Oleskan pada area yang berkomedo dan biarkanlah selama semalaman.

5. Gunakan lidah buaya untuk  menghilangkan komedo, cara pembuatan bisa dijus atau langsung digunakan dari tanaman. Disamping itu, proses penyembuhan bisa menjadi lebih cepat dengan lidah buaya.

6. Gunakanlah es batu untuk menggosok kulit yang berkomedo selama kurang lebih 10 menit, proses ini sangat membantu untuk mengencangkan serta menutup pori-pori kulit, mencegah debu dan mengurangi kelebihan minyak.

7. Buatlah olahan dari satu sendok makan madu dengan dicampurkan satu putih telur, kemudian aduk hingga rata dalam mangkuk.Campuran tersebut dioleskan pada wajah lalu biarkanlah sampai mengering selama 20-30 menit. Kemudian  gunakan air hangat kuku untuk membilas.  Olahan ini sangat efektif dalam mencegah serta menghilangkan komedo.

8. Buatlah olahan dari lobak tanah yang dicampur dengan air, olahlah sampai membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut pada wajah, biarkan kurang lebih 30 menit kemudian bilaslah. Lakukan seminggu sekali secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.

Pemanfaatan cara alami membuat Anda tidak perlu cemas dengan efek samping yang timbul karena tidak terdapat kandungan zat kimia apapun di dalamnya.

0 komentar:

Poskan Komentar