Selasa, 11 Desember 2012

Balita Lebih Memilih Wanita Tubuh Langsing

0 komentar
Tidak hanya orang dewasa yang mempersepsikan kecantikan melalui bentuk tubuh seseorang. Anak-anak balita berusia empat tahun pun menilai berbadan langsing itu identik dengan keindahan dan kecantikan wanita.

Menurut kajian para ahli, hal ini merupakan bukti semakin mudanya usia anak-anak mengonsumsi media.

Penelitian tahun 2010 yang dimuat dalam Journal of Peditrics menemukan 70 persen anak-anak usia prasekolah menonton televisi dan main video games lebih banyak dibandingkan dengan waktu yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics, yaitu tidak lebih dari dua jam setiap hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Australia dengan mewawancara 160 anak dan orang dewasa muda untuk menilai tingkat ketertarikan pada kecantikan dan keindahan tubuh perempuan, mayoritas responden menilai tubuh paling indah adalah yang memiliki berat badan normal. Bahkan, anak usia empat tahun pun menunjuk wanita bertubuh langsing sebagai yang paling cantik.

Studi sebelumnya yang dimuat jurnal Body Image tahun 2010 menunjukkan persepsi akan keindahan bentuk tubuh sudah dimulai sejak usia anak-anak. Bahkan, dalam jurnal Sex Roles diketahui bahwa anak-anak berusia 3-5 tahun lebih memilih tubuh langsing.

Felicity Brown dari Universitas Queensland, Australia, mengatakan, paparan media terhadap anak-anak sangat memengaruhi penilaian mereka pada bentuk tubuh saat usia dewasa. "Seperti orang dewasa, anak-anak juga lebih memilih wanita langsing. Bahkan, mereka sudah menangkap pesan media tentang keindahan tubuh langsing sebelum mereka usia sekolah," katanya.

-health.kompas.com-

0 komentar:

Posting Komentar