Jumat, 21 Desember 2012

Mengobati dan Menghilangkan Varises

0 komentar
Mengobati Varises
Mengobati dan Menghilangkan Varises - Olahraga di pagi hari, bikin saya kecanduan, he he seperti saat kita lapar pengin makan, begitu juga fisik dan psikis kita, dengan olah raga kebutuhan fisik dan mental terpenuhi, apalagi di pagi hari. Sebelum kita berbagi informasi mengenai Mengobati dan Menghilangkan Varises, sebenarnya admin dapat wangsit ide ini ketika tadi lari-lari, karena sedikit capek lalu saya duduk didepan teras, tiba-tiba tetangga sebelah bilang "Pak kalau habis lari duduknya kaki lurus, nanti varises lho", ahaaaa... langsung deh saya datang tempat mbah gugel sambil bawa susu kedelai dan biskuit, lalu tanya informasi menyoal Mengobati dan Menghilangkan Varises ini, so cekidot.
Apa Itu Yang Dimaksud Varises
Varises adalah pelebaran pembuluh balik. Kata varises berasal dari bahasa Latin yang berarti memutar, "varix".Varises (Varicose Vein) merupakan pelebaran vena yang sering terjadi di vena superfisial, dan yang banyak terjadi di ekstremitas bawah.sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Varises
Penjelasan:
Varises terjadi sewaktu katup-katup pembuluh darah bocor. Penyebab katup pembuluh darah bocor karena predisposisi genetik atau karena berat badan seseorang terlalu berat, atau penyebab lainnya saat seorang wanita sedang hamil dan perutnya mulai membesar. Penyebab lain karena berdiri dalam waktu yang lama. Sewaktu katup-katup ini gagal, darah membentuk kolam di bawah mereka, menyebabkan pembuluh darah balik atau vena membengkak atau menonjol dan menjadi apa yang kita kenal sebagai varises.

Varises terjadi karena adanya pelebaran dan kurangnya keelastisan pada pembuluh darah balik atau pembuluh darah vena yang berfungsi membawa darah yang kotor dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pelebaran pembuluh darah ini biasanya disebabkan karena adanya kelainan pada katup jantung sehingga darah tidak dapat mengalir ke jantung dan akibatnya terkumpul pada pembuluh darah dan membentuk tonjolan.

Pembuluh darah yang terlihat menonjol merupakan hal yang tampak pada penderita varises yang biasa muncul di betis walaupun sebenarnya hal ini bisa muncul di mana saja. Misalnya di anus yang juga dapat menyebabkan wasir.

Sumber : kumpulan.info

Penyebab Varises

Sebagian besar penyebab varises dikarenakan faktor keturunan atau faktor genetik. Faktor keturunan adalah dinding pembuluh darah dan katup yang tidak sempurna. Faktor genetik ini agak sulit disembuhkan. Hormon yang ada pada wanita juga dapat menyebabkan timbulnya varises, itulah sebabnya sebagian besar varises dialami oleh wanita. Pada wanita hamil, resiko ini semakin bertambah karena adanya penambahan hormon pada masa tersebut. Hormon wanita juga dapat dipicu karena mengkonsumsi pil kontrasepsi.

Tidak hanya karena faktor gen, hal lain yang menyebabkan terjadinya varises antara lain kebiasaan, gaya hidup dan aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan timbulnya varises. Berat badan yang berlebih, berdiri terlalu lama, jarang berolahraga dan merokok dapat memicu terjadinya varies.

Selain mengganggu penampilan, varises juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Misalnya cepat lelah, terasa berat, rasa nyeri, dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kram pada malam hari.

Mencegah Varises

Jika Anda mengalami varises atau memiliki keturunan keluarga yang menderita varises, Anda dapat melakkukan cara-cara berikut untuk mencegah timbulnya varises sekaligus mengurangi keluhan akibat varises:
  1. Jaga berat badan tetap ideal, Berat badan yang belebih dapat membuat kaki menahan beban yang berat sehingga beresiko mengalami varises.
  2. Jangan berdiri dan duduk diam lterlalu lama. Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah. Begitu juga jika duduk terlalu lama, sebaiknya diselingi dengan berjalan kaki.
  3. Gunakan kaos kaki,Jika Anda memiliki gen penyebab varises, sebaiknya gunakan kaos kaki elastis, jika mungkin, pakailah kaus kaki panjang yang mencapai lutut. Penggunaan kaos kaki khususnya diperlukan saat berada di ketinggian seperti saat berjalan-jalan di pegunungan atau saat naik pesawat.
  4. Hindari pakaian dalam yang terlalu ketat, Pakaian yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah ke jantung.
  5. Lakukan olahraga yang sesuai, Olahraga ringan seperti berjalan, jogging atau bersepeda dapat menguatkan dinding pembuluh darah vena dan melancarkan peredaran darah. Sedangkan, olahraga yang menyebabkan kontraksi otot yang mendadak dan berat seperti angkat beban sebaiknya dihindari.
  6. Konsumsi vitamin C,Vitamin C sangat bermanfaat untuk menguatkan dinding pembuluh darah, maka konsumsi yang cukup dapat mencegah pelebaran pembuluh darah.
  7. Letakkan posisi kaki lebih tinggi pada saat tidur, Agar darah dapat lebih lancar menuju jantung, saat tidur bisa meletakkan kaki diatas bantal atau ditempelkan di dinding dengan posisi lebih tinggi dari kepala. Hal ini khususnya dapat dilakukan jika telah terjadi pembengkakan akibat pembuluh darah yang menonjol.

Mengobati dan Menghilangkan Varises

Pengobatan dan teknik penyembuhan varises ada beberapa macam. Misalnya dengan beberapa cara berikut ini:
  1. Mengkonsumsi suplemen yang dapat menguatkan dinding pembuluh darah dan keelastisannya.
  2. Menggunakan kaos kaki elastis sampai paha yang dapat membantu menekan pembuluh vena.
  3. Sclerotherapy yaitu memasukkan sejenis larutan garam ke dalam pembuluh darah yang mengalami pelebaran.
  4. Endovenous Laser Therapy yaitu mengobati varises dengan cara memasukkan kawat ke dalam pembuluh darah. Kawat dimasukkan dari lutut sampai selangkangan kemudian dilakukan pemanasan.
  5. Pembedahan yang biasa dilakukan untuk kasus yang sudah parah.
Nah demikian tadi sodara-sodara sharing info mengenai Mengobati dan Menghilangkan Varises, jika ada kata yang salah saya mohon maaf, wehehehe kayak acara resmi aja ya, dalam blog dokter, kita serius kog tapi santai juga, berbagi informasi, meneruskan informasi agar semua menjadi sehat dan bahagia, o iya sekiranya sobat sekalian ada sumber lain mengenai Mengobati dan Menghilangkan Varises ini, mohon di share di kolom komentar di bawah ya....nanti saya akan terbitkan jika sesuai dengan kontent, atau mungkin ada cara alternatif lain tentang Mengobati dan Menghilangkan Varises monggo di share saja, sehat itu indah kog.

0 komentar:

Posting Komentar