Selasa, 11 Desember 2012

Khasiat Pepaya Untuk Kesehatan

0 komentar
Pepaya adalah buah yang luarbiasa kaya akan manfaat kesehatan, selain rasa dari buahnya yang manis dan menyegarkan. Selain bermanfaat untuk kecantikan, ternyata pepaya memiliki kaya manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh :

1.Pepaya mengandung enzim pencernaan papain yang membantu mencerna protein. Sebelum protein diserap tubuh, protein harus diubah ke dalam unit terkecil yang disebut asam amino. Papain adalah enzim yang memecah protein menjadi bagian kecil yang disebut peptida dan asam amino.

2.Pepaya kaya akan serat makanan yang membantu mengatur buang air besar dan mencegah sembelit / susah buang air besar. Dengan menyerap racun dalam saluran pencernaan, serat makanan dapat membantu mencegah kanker usus dan penyakit saluran pencernaan lainnya.

3.Hal lain yang luar biasa dari pepaya, yaitu memiliki 3 antioksidan : Vit C, Vit E dan Vit A. Antioksidan berfungsi mencegah oksidasi kolesterol, yang dapat menyebabkan plak yang dapat melekat dipembuluh darah pada saat proses oksidasi.plak pada lapisan-lapisan dalam pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

4.Antioksidan juga berfungsi menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa reaktif tidak stabil yang merusak sel dan menyebabkan kanker, gangguan neurodegeneratif, penuaan dini, dan penyakit lainnya.

5.Pepaya merupakan sumber asam folat, vitamin B yang dibutuhkan untuk mengurangi homocysteine, asam amino berbahaya yang dapat merusak pembuluh darah. Peningkatan kadar homosistein dalam darah merupakan faktor besar terjadinya serangan jantung dan stroke.

6.Vit C dan Vit E yang kita dapatkan dari pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk membantu tubuh kita melawan infeksi dan kanker.

7.Karotenoid dalam pepaya termasuk lutein dan beta-karoten yang membantu dalam menjaga kesehatan mata kita. Bertindak sebagai antioksidan karotenoid untuk mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula ( penurunan daya penglihatan ), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa dan tua.

8.Studi menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti pepaya memberikan perlindungan seseorang terhadap rheumatoid arthritis (radang sendi).

9.Pepaya juga dapat mencegah emfisema ( radang paru-paru ) pada perokok. Merokok mengurangi Vitamin A dalam tubuh karena vitamin ini terlibat dalam detoksifikasi dari racun yang ditemukan dalam asap rokok seperti benzopirena. Ketika tubuh perokok kekurangan dengan Vitamin A, mereka cenderung mengalami emfisema. Perokok harus konsumsi makanan kaya vitamin A seperti pepaya untuk mencegah emfisema dan penyakit paru-paru lainnya.

10.Seperti tomat, pepaya juga kaya akan likopene, suatu senyawa yang melindungi tubuh terhadap kanker prostat, kanker kedua yang paling umum pada pria. Telah ditemukan dalam studi kanker bahwa pria yang sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya lycopene adalah 82% lebih rendah untuk terkena kanker prostat dibandingkan dengan yang kurang mengkonsumsi makanan yang kaya likopen.

Pepaya memang buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi pepaya secara teratur dapat mencegah kita dari banyak penyakit.

source : tips dan artikel

0 komentar:

Poskan Komentar