Sabtu, 22 Desember 2012

Bagaimana Cara Diet Setelah Melahirkan

0 komentar
Tetap tampil cantik setelah melahirkan adalah idaman bagis setiap kaum hawa. Menjaga pola makan serta memperhatikan gizi si kecil tetap harus diperhatikan dalam proses diet setelah melahirkan, tidak asal diet namun tetap diet yang aman sesuai dengan kebutuhan dalam arti memperoleh berat badan yang ideal tentunya.

Setelah 9 bulan hamil dan melahirkan, wajar bila berat badan wanita naik beberapa kilogram. Dan bukan hal yang mudah bagi wanita untuk dapat mengembalikan berat badannya seperti sedia kali. Tapi ada beberapa cara sederhana untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Peneliti telah menemukan kehamilan menjadi salah satu penyebab utama kenaikan berat badan perempuan. Hal ini telah diteliti secara ilmiah selama dua dekade terakhir. Tapi bukan berarti seorang perempuan tidak akan gemuk jika ia tidak hamil, karena banyak faktor lain yang bisa mempengaruhinya.

Berikut beberapa cara sederhana untuk menurunkan berat badan usai melahirkan, seperti dilansir timeofindia, Kamis (1/3/2012):

1. Menyusui
Menyusui tidak hanya baik untuk bayi tetapi membantu ibu baru menurunkan berat badan. Dokter percaya bahwa menyusui membakar sekitar 500 kalori sehari.

2. Minum banyak air putih
Minumlah paling sedikit 10 sampai 12 gelas air sehari. Jika urine Anda berwarna kuning maka ini merupakan tanda dehidrasi. Minum air putih akan membantu menyegarkan tubuh dan juga meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

3. Makanan seimbang
Karena seorang ibu baru tidak boleh melakukan diet, jadi pastikan apapun yang di makan adalah makanan sehat. Makanan seimbang harus mencakup buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak.

4. Olahraga
Jangan salah sangka dan pergi bergabung gym, tapi berolahragalah bersama bayi Anda. Dengan mengajak bayi berjalan-jalan di kereta dorong atau mengendongnya di ransel bayi sudah bisa membantu Anda membakar lemak.

5. Makanlah hanya ketika Anda lapar
Jangan melewatkan makan hanya karena ingin cepat menurunkan angka di timbangan. Ingat Anda sedang menyusui dan bayi harus mendapatkan nutrisi dari Anda. Rencanakan makanan Anda dan makan dalam jumlah kalori yang masuk akal untuk setiap makanan.

6. Bergabung dengan kelas latihan postnatal
Ini adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Ditambah lagi, Anda akan dapat bertemu dan berinteraksi dengan ibu-ibu lain juga. Jika Anda sedang menyusui, cobalah untuk berolahraga setelah Anda memberi makan bayi.

0 komentar:

Poskan Komentar